body, a {cursor: url(https://sites.google.com/site/hitsukeproject/kunai.cur), progress;} a:hover {cursor: url(https://sites.google.com/site/hitsukeproject/Pointer.cur), progress;}

Sabtu, 10 Maret 2012

Perbedaan Lemon & Lime

Jeruk nipis (lime) dan lemon itu berbeda.
Karena penampilan dan rasanya yg hampir sama, jeruk nipis dan lemon sering menyebabkan kerancuan.
Pohon jeruk nipis dan lemon pun hampir sama. Keduanya memiliki karakter menyerupai perdu, tumbuh tak terlalu tingggi, bercabang melebar. Di antara keduanya hanya tdp perbedaan kecil2, terutama besarnya buah.
 Jeruk nipis, bentuknya bulat dgn warna hijau mengkilat. Daging buahnya putih kekuningan. Cita rasanya sangat asam dengan sedikit pahit. Air jeruk nipis banyak digunakan sebagai penghilang amis ayam atau ikan, bumbu masakan dan campuran minuman.

 Sedangkan lemon memiliki bentuk buah yg lbh besar, oval dan berwarna kuning mengkilat. Cita rasanya asam dan aromanya pun lbh harum. Daging buah dan kulit lemon cocok digunakan utk campuran kue, kue kering dan minuman.
SITRUN / LEMON
Sitrun, jeruk sitrun (dari bahasa Belanda, citroen), atau lemon adalah sejenis jeruk yang buahnya biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam banyak seni boga dunia.
Pohon berukuran sedang ini (dapat mencapai 6 m) tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis serta tidak tahan akan cuaca dingin. Sitrun dibudidayakan di Spanyol, Portugal, Argentina, Brasil, Amerika Serikat dan negara-negara lainnya di sekitar Laut Tengah. Tumbuhan ini cocok untuk daerah beriklim kering dengan musim dingin yang relatif hangat. Suhu ideal untuk sitrun agar dapat tumbuh dengan baik adalah antara 15-30 °C (60-85 °F).
Beberapa kultivarnya antara lain 'Eureka', 'Lisbon' dan 'Meyer'. (sumber: wikipedia)


JERUK NIPIS / LIME
Jeruk nipis atau limau nipis adalah tumbuhan perdu yang menghasilkan buah dengan nama sama. Tumbuhan ini dimanfaatkan buahnya, yang biasanya bulat, berwarna hijau atau kuning, memiliki diameter 3-6 cm, umumnya mengandung daging buah masam, agak serupa rasanya dengan lemon.
Jeruk nipis, yang sering dinamakan secara salah kaprah sebagai jeruk limau, dipakai perasan isi buahnya untuk memasamkan makanan, seperti pada soto. Fungsinya sama dengan cuka. Sebagai bahan obat tradisional, perasan langsung buah jeruk nipis dipakai sebagai obat batuk, diberikan bersama dengan kapur untuk menurunkan demam. Perasannya juga dipakai sebagai obat batuk. (sumber: wikipedia)

Jeruk Nipis/Lemon vs Cancer’s cells

May 31, 2011 at 10:34 am 6 comments











Silakan baca dan tentukan sendiri.  Lemon (citrus) atau jeruk nipis ternyata produk obat ampuh untuk membunuh cell cancer 10.000 kali lebih kuat daripada chemoteraphy…lohh koq bisa?? Benarr! A very very good news buat kita semua 

Mungkin ini hanya sebagian kecil dari khasiat yang ada dalam kandungan ekstrak jeruk nipis/lemon tapi karena manfaatnya luar biasa….saya mo sharing info ini untuk teman-teman semua, terutama my dear blog’s friends  

Oiya…sebelum posting article in my blog…saya bertiga bareng my hubby n anak pertama saya udah ngejalanin terapinya kurang lebih 3 mingguan…buat saya sendiri…setiap kali abis minum…pasti langsung kebelakang, badan jadi ringan…trus masuk hari ke tiga,  pusing-pusing yang ga jelas juga ilang 


Ternyata sekarang ini banyak laboratorium dunia yang tertarik banget untuk membuat versi sintetik lemon, karena dari hasil penelitian yang dilakukan sejak lama, sudah jelas produk ini akan memberikan profit yang luar biasa untuk mereka.

Tapi daripada  susah-susah beli yang sintetik, buat kita yang tinggal di Indonesia mah…gampang…. tinggal  beli di supermarket, pasar, tukang sayur..atau buat yang hobby berkebun…udah waktunya tanam pohon jeruk nipis atau lemon di taman atau kebun kecil kita..toh selain khasiatnya yang luar biasa..penampilannya pohonnya juga cantikkk 

Percaya ga’…ternyata juice dari  jeruk nipis dan lemon sangat berguna untuk mencegah penyakit, terutama kanker, daripada harus menghadapi efek chemoteraphy yang ga enak, mendingan coba terapy minum jeruk nipis atau lemon aja J  selainnya rasanya yang enak, kita juga bisa mengonsumsi sesuka kita…apakah mau makan pulpnya, minum juicenya, dibikin minuman jeruk anget, sorbet atau malah jelly jeruk nipis/lemon.

Dari yang saya baca, jeruk nipis/lemon banyak mengandung banyak kebaikan,dan yang menarik adalah efeknya dalam menangkal kista dan tumor.

Tumbuhan ini dipercaya dapat melawan segala tipe kanker. Termasuk sebagai anti microbial melawan bakteri infeksi dan jamur, efektif melawan parasit dan cacing didalam tubuh, menstabilkan tekanan darah tinggi, anti drepresi, melawan stress dan menjaga tubuh agar relaks.

Kenyataan bahwa darimana sumber informasi ini didapat juga sangat menarik, karena info ini didapat dari satu manufaktur obat terbesar didunia, yang mengatakan bahwa hasil penelitian lebih dari 20 laboratorium yang telah dilakukan sejak tahun 1970, mengungkapkan bahwa ekstrak jeruk nipis, dapat menghancurkan sel-sel ganas 12 jenis penyakit kanker, diantaranya kanker colon, payudara, prostate, paru-paru, pancreas dll.

Senyawa yang dihasilkan oleh tumbuhan ini menunjukkan hasil 10.000 kali lebih baik daripada produk obat yang sering digunakan untuk membunuh pertumbuhan sel kanker secara perlahan pada pengobatan chemotherapy diseluruh dunia.

Dan yang paling mengagumkan adalah; terapy juice lemon/jeruk nipis ini hanya membunuh sel-sel kanker saja tidak memberikan effect buruk apapun terhadap cel-cel yang sehat. Hebat kan J

sumber dari: Institute of Health Sciences, 819 N. L.L.C. Cause Street , Baltimore , MD1201

Begini  cara terapinya J

Sebelum minum jangan sikat gigi dulu ya (but make sure you brushed it before you go to bed J )

Minum, begitu bangun tidur,

Hari ke 1 = 1 jeruk nipis Hari ke 2 = 2 jeruk nipis Hari ke 3 = 3 jeruk nipis Hari ke 4 – 4 jeruk nipis Hari ke 5 – 5 jeruk nipis Hari ke 6 – 4 jeruk nipis Hari ke 7 – 3 jeruk nipis Hari ke 8 – 2 jeruk nipis Hari ke 9 – 1 jeruk nipis

Dan hari ke 10 dan seterusnya 2 jeruk nipis setiap hari… Yang mau kurus cepet kurus, buat yang punya sakit mag ga usah takut, karena saya juga ada mag..tapi aman-aman aja tuh…selama terapy ga pernah kumat sama sekali J

Dan lemak-lemak akan keluar bersama kotoran seperti minyak…. Kalo susah tidak ada lemak… Selang seling cukup 1 jeruk nipis … Selamat mencoba

Nah daripada mengobati…ato beli obat yang muahall n rasanya ga enak….mending kita mulai coba yuk terapi juice jeruk nipis ini/lemon, sekilo cuma 15rb koq…., murah n enak loh J

Tq a lot to Tante Ida for sharing a very useful info ^_^

 Jeruk Nipis Membuat Kulit Menjadi Putih dan Halus
Share Artikel ini melalui:      
 Diterbitkan pada tanggal 29 - 01 - 2010 | 73 komentar


DokterSehat.com – Banyak manfaat yang bisa diambil dari jeruk nipis. Salah satunya adalah membuat kulit menjadi putih dan halus. Manfaat ini tentu menjadi berita gembira bagi kaum hawa yang mendambakan kulit putih dan halus. Bagaimana memanfaatkannya, apa khasiat lain dari jeruk nipis?

Di antara 1300 jenis jeruk, jeruk nipis atau yang dalam bahasa ilmiahnya disebut Citrus Aurantium, memiliki manfaat yang paling banyak. Jeruk nipis merupakan bahan dasar ramuan obat kecantikan tradisional di Indonesia. Hampir semuanya mencantumkan nama jeruk nipis sebagai bahan dasar, baik buah maupun daunnya.

Secara umum, buah jeruk kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Dalam kandungan 100 g jeruk nipis, terdapat kalori 51 kal, protein 0,9 g, lemak 0,2 g, karbohidrat 11,4 g, mineral 0,5 g, kalsium 33 mg, fosfor 23 mg, besi 0,4 mg dan asam askorbat 49 mg.

Selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, jeruk nipis juga mengandung asam sitrat, asam amino (triptofan, lisin), minyak atsiri (sitral, limonen, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linali-lasetat, aktilaldehid, nildehid) damar, glikosida, asam sitrun, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang vitamin B1 dan C. Sedangkan daun, buah dan bunganya mengandung minyak terbang.

Rasa jeruk nipis yang masam bisa membantu membersihkan nikotin yang terdapat pada gigi dan mulut orang yang suka merokok. Di Indonesia jeruk nipis sering dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti disentri, sembelit, ambeien, haid tak teratur, difteri, jerawat, kepala pusing atau vertigo, suara serak, batuk, bau badan, menambah nafsu makan, mencegah rambut rontok, ketombe, flu, demam, terlalu gemuk, amandel, penyakit anyang-anyangan (kencing terasa sakit), mimisan, dan radang hidung.

Jeruk nipis juga efektif mencegah timbulnya batu ginjal. Jeruk nipis mengandung sitrat yang tinggi, sementara banyak penderita batu ginjal memiliki kadar sitrat yang rendah. Kandungan sitrat jeruk nipis lokal (citrus aurantifolia swingle yang bulat) sepuluh kali lebih besar dibanding kandungan sitrat pada jeruk keprok atau enam kali lipat dari jeruk manis. Kandungan sitratnya mencapai 55,6 gram per kilogramnya.

Memutihkan Kulit

Menusia memiliki warna kulit yang tidak sama satu sama lain. Selain faktor genetik, ada juga beberapa faktor lain, seperti iklim dan cuaca. Kulit wajah adalah bagian yang paling penting, khususnya bagi kaum wanita. Karena itu, kaum wanita melakukan beberapa upaya untuk membuat kulit wajah menjadi putih bersih dan menarik.

Semula, baik kedokteran maupun di salon kecantikan, memutihkan kulit dilakukan dengan cara pengelupasan sel-sel mati oleh produk dengan bahan-bahan aktif. Menurut dr Irma Bernadette Simbolon MD, Kepala Divisi Dermatologie Kosmetik Cempaka Rumah Sakit Cipto Mengunkusumo, hanya dengan mengkonsumsi dan membalur tubuh (bagian-bagian tertentu pada tubuh) dengan jeruk nipis, kulit menjadi lebih putih.

“Selain kaya gizi, jeruk juga kaya akan zat kimia seperti bioflanid, minyak atsiri limonen, asam sitrat, linalin asetat, dan fellandren yang dapat menyembuhkan penyakit batuk, menurunkan demam, meningkatkan gairah seksual, dan membuat suara merdu. Salah satu manfaat jeruk nipis di bidang kecantikan adalah kandungan vitamin C yang dapat membuat kulit menjadi putih, halus, dan kencang,” ungkapnya.

Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat sebagai antioksidan. Vitamin C yang memiliki ikatan L dalam setiap molekulnya, bagus untuk mencerahkan warna kulit. “Jeruk nipis juga memenuhi syarat sebagai buah untuk merawat dan menambah kecantikan,” tambah wanita yang akrab disapa Irma ini.

Dilanjutkan dr Irma, untuk mendapatkan kulit wajah yang putih dan halus, ada dua cara yang dapat dilakukan. “Untuk memutihkan dan menghaluskan kulit serta memperkecil pori-pori, bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama dengan cara mengkonsumsinya. Karena dengan mengkonsumsi jeruk, kandungan vitamin C yang diserap oleh tubuh akan lebih maksimal. Kedua, menggunakan jeruk nipis dari luar dengan mengusapkan potongan jeruk nipis pada wajah dan kulit bagian tubuh yang dinginkan secara rutin setiap hari,” jelasnya.

Bagi Anda yang ingin terlihat ramping, khasiat jeruk nipis juga dapat dicoba. Setiap pagi, siang dan malam, cobalah minum perasan air jeruk nipis dengan campuran air dan sedikit gula. Dengan cara ini, kerampingan Anda akan terjaga. Selain itu, jeruk nipis dapat mencegah Anda dari berbagai macam penyakit seperti yang diuraikan di atas. Sementara untuk rambut, jeruk nipis juga dapat menghilangkan ketombe.

sumber okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar